Rabu, 29 Oktober 2014

Pembelian Seragam Sekolah sebagai Persyaratan Daftar Ulang

Bu Anita sedang tampil ditengah forum
pertemuan Pattiro Surakarta
SOLO-Seragam sekolah memang kebutuhan wajib bagi siswa pelajar, namun pengadaannya tidak diwajibkan oleh pemerintah untuk membeli dari sekolah yang bersangkutan. Akan tetapi lain halnya dengan salah satu Madrasah Tsanawiyah Negeri  yang berada di kota Surakarta ini yang mewajibkan para calon siswanya untuk membeli seragam dan segala atributnya disekolah sebagai syarat masuk menjadi siswa madrasah tersebut, yang dilengkapi dengan mengisi surat pernyataan yang menyatakan bahwa pembelian seragam tsb adalah murni kemauan dari walimurid, bukan paksaan dari pihak sekolah. padahal tanpa mengii surat pernyataan tersebut maka calon siswa tdak diperkenankan untuk mendaftar ulang atau mengambil seragam yangg harganya-pun telah ditentukan dan pastinya lebih mahal dari harga dipasaran.

     
Suasana makan malam ditemani tampilan hiburan peserta
Menurut salah satu guru yang menjadi panitia Penerimaan anak didik baru yg tidak mau disebut namanya tersebut mengatakan bahwa memang pembelian seragam dan atributnya itu menjadi salah satu persyaratan mendaftar ulang siswa masuk di madrasah tersebut,  Hal ini telah diputuskan dalam rapat paniia penerimaan peserta didik baru. Yang lebih mencengangkan lagi pembayarannyapun tidak boleh dicicil.

Salah satu calon siswa bernama Hafidz membenarkan hal tersebut, saat dia melakukan daftar ulang pada hari selasa kemarin 1 juli 2014. Dia harus membayar sejumlah uang untuk mendaftar ulang setelah dia menerima surat keputusan diterima menjadi siswa di sekolah tsb.
Dan salah satunya uang untuk pembelian seragam dan segala aributnya.tetapi hafidzpun diwajibkan mengisi surat pernyataan yang harus ditandatangani oleh ayahnya sebagai wali murid. Pengambilan seragam sebagai persyaratan daftar ulang masuk madrasahpun  dibatasi hanya 2 hari setelah pengumuman diterimanya diterimanya siswa tersebut.  (Anita )    

Hasil Karya peserta training jurnalistik warga FISIP UNS kerjasama dengan Pattiro Surakarta. Agustus 2014 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar