Jumat, 17 Oktober 2014

MP3 Surakarta Ditawari Diskusi Rutin Oleh Wawali Solo


Solo. MP3 (Masyarakat Peduli Pelayanan Publik) Surakarta  mendapat  tawaran  melakukan diskusi rutin bersama di Rumah Dinas Wakil Wali (Wawali) Kota Surakarta oleh Wawali. Hal ini disampaikan dalam acara halal bihalal sarasehan MP3 Surakarta bersama Wawali, Senin, (18/8/14) di Rumah Dinas Wawawali di Depan Monumen Pers Solo.
            “Silahkan MP3 Surakarta kalau mau adakan diskusi rutin di Rumah Dinas Wawalikota Surakarta. Hal ini sebagai upaya pemerintah juga dalam rangka memfasilitasi kegiatan masyarakat  yang mau diajak bersama-sama membangun Kota Surakarta. Bapak  Ibu anggota MP3 Surakarta bisa berdiskusi dan memecahkan permasalahan publik Kota Solo bersama-sama”, sambut Ahmad Purnomo, Wawali Solo.
            Para anggota dan pengurus MP3 Surakarta yang terdiri dari berbagai komunitaspun langsung menyambut dengan tepuk tangan dengan meriahnya. “Ya kami siap menerima dan akan menindaklanjutinya”, respon Alex Taofiq, Koordinator MP3 Surakarta.
            Dalam Sambutannya Alex juga menyampaikan  kronologis bagaimana terbentuknya MP3 Surakarta. MP3 Surakarta ini terinspirasi dari jaringan MP3 tingkat nasional yang merupakan aliansi berbagai organisasi masyarakat sipil yang mempunyai kepedulian untuk bersama-sama mewujudkan pelayanan publik yang baik meskipun bukan dari unsur pemerintah.
            Sedang MP3 Surakarta  sendiri  lahir paska selesainya program mendorong pelayanan publik lebih baik yang dilakukan oleh Pattiro Surakarta bekerjasama dengan YAPPIKA tahun 2012 - Februari 2014.  Pada saat progam tersebut dilakukan banyak sekali diskusi rutin dilakukan dimasing-masing komunitas dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat dalam mendorong pelayanan publik. “Tentunya sangat disayangkan jika komunitas-komunitas tersebut bubar dan tidak ada wadah untuk bisa bersama-sama tetap mendorong pelayanan publik agar tetap baik karena sudah tidak ada donornya”, Jelas Alex.
            Berangkat dari situ maka komunitas-komunitas yang aktif sebagai mitra program sepakat untuk melanjutkan kegiatan-kegiatan untuk berpartisipasi dalam mendorong pelayanan publik lebih baik  dengan mendirikan MP3 Surakarta. Adapun  sekretariatnya dengan meminjam rumah Rullyani, Ketua FKKP (Forum Komunikasi Keluarga Posyandu) Surakarta di Daerah Danukusuman. Ada 17 Komunitas ditambah Pattiro Surakarta yang bergabung di dalamnya.
Komunitas tersebut antara lain: MPPS (Masyarakat Peduli Pendidikan Surakarta), FKKP (Forum Komunikasi Kader Posyandu) Surakarta, FKKB (Forum Komunikasi Keluaga Becak) Surakarta, Gapoktan Tri Manunggal Tani, Faskel Monev Kec Serengan. Mitra Komunitas Pucang Sawit, Mitra Komunitas Kedung Lumbu, Mitra Komunitas Jebres, Mitra Komunitas Kepatihan Kulon, Mitra Komunitas Banyuanyar, Mitra komunitas Mangkubumen, Mitra Komunitas Danukusuman, Mitra Komunitas Kerten, Mitra Komunitas Joyontakan, Mitra Komunitas Nusukan dan JARPPUK Ngudi Lestari.

Oleh Sulatri

Pegiat Pattiro Surakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar