Oleh Maria Ulfah, Pegiat Pattiro Surakarta
Maria Ulfah |
Solo
(22/08/14), hingga
sampai saat
ini kantor Dinas Kependudukandan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota
Surakarta masih berada di lantai 2 .
tentu hal ini membuat beberapa masyarakat mengeluhkan infrastruktur bangunan yang dirasa tidak aksesibel.
Seperti disampaikan oleh Sri Rusdiyati (54), warga
Semanggi, yang mengeluh kelelahan saat meniti tangga. “Terus terang saya merasa
kesulitan ketika ingin mengurus dengan kondisi kaki saya yang seperti ini. Mbok kalau bisa namanya kantor pelayanan itu berada di lantai I sehingga warga
mudah mengaksesnya.yang memerlukan pelayanan khusus dengan
mudah dapat mengakses
patung Lebah untuk menarik perhatian orang mau mengisi pengaduan pelayanan publik |
Adapun Nur Afni (29) seorang ibu rumah tangga yang hendak mengurus E-KTP turut prihatin. Beberapa kali dia melihat ada ibu hamil dan lansia yang kesulitan ketika menaiki anak tangga. Dia berharap ada perhatian khusus dari pemerintah untuk memindahkan kantor pelayanan itu ke lantai I.
Masyarakat mengisi form pengaduan pelyanan publik Pattiro Surakarta di Solo |
Menanggapi
hal tersebut F.X. Hadi Rudyatmo selaku Walikota Surakarta menyatakan
“Sebetulnya saya juga sering menerima aduan mengenai kantor Dispendukcapil yang
berada dilantai 2, hingga pernah ada seorang lansia terjatuh. Menurut saya
kantor Dispenduk Capil memang baiknya dipindah.” Beliau juga menuturkan sebelumnya kantor
dispenduk capil itu berada di Sriwedari.
Dan yang berada di lantai II itu sebetulnya bersifat sementara. Dia
Menyatakan pembangunan kantor layanan adminduk dan pencatatan sipil menunggu
anggaran yang sedang diajukan ke kemendagri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar