Jumat, 17 Oktober 2014

Orang Hebat Punya Banyak Jaringan Media

Reunian IKAPMII Solo di Jakarta
Solo. Itulah salah satu hal yang diungkapkan oleh Redaktur Harian Solopos, Syifaul Arifin yang menjadi pemateri dalam kegiatan pelatihan Jurnalistik warga. Yang diadakan oleh LPPM UNS (Lembaga  Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Sebelas Maret Surakarta) bekerjasama dengan Pattiro Surakarta, Sabtu, (16/8/14) di Hotel Indah Palace, Surakarta.
Hal ini ditekankan dalam rangka mengawali penyampaian materi mengenai bagaimana masyarakat bisa menyampaikan berbagai informasi yang diketahuinya agar bisa disajikan kepada khalayak dengan tulisan. Jika orang sudah mempunyai banyak jaringan media itu bisa dikatakan hebat karena dia kemana-mana juga sudah dicari media.  Dia tidak harus utak-atik membuat tulisan sendiri untuk mengungkapkan pendapatnya. Akan tetapi hal itu juga tidak lepas dari berbagai proses yang harus dilalui sebelumnya. “Tentu orang tersebut akan lebih mudah berbendapat dan menyampaikan informasi jika  sudah punya banyak jaringan”,jelas Syifaul.
“Kita juga tidak bisa begitu saja bisa menyampaikan berita jika kita tidak mempunyai jaringan dan tidak mau belajar bagaimana mengungkapkannya informasi dengan baik misalnya melalui tulisan”, tambahnya. Para pesertapun cukup aktif dan antusias mengikuti rangkaian kegiatan training yang dilakukan beberapa pertemuan. Berbagai pertanyaanpun bermunculan dari peserta ditujukan kepada narasumber.  Narasumberpun menjawabnya dengan senda - gurau sambil terus mengajak belajar bersama peserta.
Kegiatan pelatihan ini dilakukan empat kali pertemuan yang dilakukan setiap Sabtu. Adapun pertemuan pelatihan kali ini sudah dilakukan untuk yang kedua kalinya dengan mengambil tema umum “Pengembangan sistem informasi minotoring evaluasi pelayanan publik berbasis citizen journalism”. Dan pada pertemuan ini lebih menekankan bagaimana belajar membuat berita melalui tulisan.  Atau lebih dikenal dengan sebutan jurnalistik media cetak.
Ibu Rutiana, LPPM UNS yang juga merupakan dosen Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fisip UNS mengungkapkan bahwa beliau berharap agar para peserta benar-benar bisa mengikuti pelatihan secara penuh dan bisa melakukan tugas-tugasnya untuk mengumpulkan berbagai tugas pelatihan jurnalistik warga. Dan kedepannya juga bisa aktif menulis dan membuat berita foto tentang pelayanan publik sebagai upaya menghidupkan jurnalistik warga untuk berpartisipasi mendorong reformasi birokrasi di negera ini.
 Oleh Sulatri/Pegiat Pattiro Surakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar