Senin, 06 April 2015

Undang Disdukcapil Sosialisasi, Permudah Akses Masyarakat

Solo. Setelah menghadirkan Disdukcapil Solo untuk sosialisasi tentang bagaimana proses mencari data-data kependudukan dalam pertemuan Jarpuk Ngudi Lestari. “Akhirnya para anggota Jarpuk bisa mengurus adminduk lebih mudah”, Jelas Ketua Jarpuk, Sujanti (24/1/2015). 
Inisiatif mengundang dari Disdukcapil ini berawal karena ada keluhan-keluhan akan permasalahan adminduk oleh para anggotanya. Mereka tidak tahu harus kemana ketika akan mengadu untuk memecahkan persoalan yang dihadapi. Tentunya Sujanti sebagai ketua Jarpuk juga tidak tinggal diam.

Salah satu kasus yang anggota Jarpuk alami adalah betapa susahnya ketika akan mengurus akte kematian karena surat tersebut sangat penting untuk hak ahli waris. Kebetulan memang banyak janda yang tergabung di Jarpuk. Ketika suami mereka telah meninggal mereka kesusahan karena dipersulit untuk mencari akta kematian. Mereka di ombang-ambingkan kesana kemari yang butuh tenaga dan transportasi ekstra untuk melengkapi data, dan ternyata datanya masih salah. 
Setelah diberi sosialisasi oleh  Disdukcapil mereka bisa lebih mudah mengurus akta kematian. Dan jika memang yang mereka lakukan sudah benar mereka juga berani membela diri.

Sosialisasi, pemberian informasi dan ada pelatihan tertib administrasi seperti ini akan bermanfat sekali jika terus dikembangkan oleh pemerintah. Ketika melakukan sosialisasi pemerintah juga harus melihat audien karena kapasitas masyarakat itu berbeda-beda. Dengan bekerjasama stakeholder  (tomas, media massa, komunitas-komunitas sector, LSM dll) yang ada disekitarnya tentu pemerintah akan lebih cepat mencapai tujuan tsb. La3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar