Selasa, 14 April 2015

Bukit Menoreh

Kawasan Bukit Menoreh dari puncak Nogosari, Purwosari

Bukit Menoreh merupakan salah satu kawasan perbukitan yang melingkupi tiga kabupaten. yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kulon Progo. Tempat tinggal orang tua penulis terletak di kaki bukit yang namanya Kedung Romo yang termasuk dusun Ponces. Di situ masih sedikit sekali jumlah rumah penduduk karena memang kebetulan dahulunya itu merupakan bulag yang merupakan pembatas tiga dusun yaitu dusun Ponces, Kedung Tawang dan Karang Rejo. Ketiga dusun tersebut merupakan bagian dari Desa Purwosari Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo DIY.
Kedung Ngubeng, Kedung Romo saat banjir

Kedung Ngubeng saat terang
Hawanya yang sejuk dan situasi yang tenang dan alami membuat orang sering ingin menikmatinya. Apalagi Bukit Menoreh juga mempunyai beberapa tempat Wisata seperti Gua Kiskendo yang biasa di pakai abdi dalem kraton kala menyelenggarakan acara ritual Ngayojokarto Hadiningrat. Gua Seplawan yang masih alami di dalamnya terdapat suangai dibawah tanah. Kemudian Sendangsono yang merupakan tempat bersembahyang agama kristiani. Puncak Suroloyo yang merupakan salah satu puncak di perbukitan Menoreh yang biasanya ramai oleh para pendaki gunung kala merayakan tahun baru. 

Dikawasan bukit menoreh sendiri juga terdapat pemakaman Nyai Ageng Serang yang merupakan salah satu pejuang gerilya pada saat membantu perang Diponegoro. Buki Menoreh ini merupakan memang dulu tempat para pejuang gerilya untuk bersembunyi dari kompeni Belanda.
anak sungai di kedung Romo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar