Rabu, 20 Agustus 2014

Teknik Berbicara didepan Publik Ala Gapoktan

Oleh Sulatri, Pegiat Pattiro Surakarta

Berawal dari koordinasi dengan ketua Gapoktan Tri Manunggal Tani, Supadi yang mengalami banyak kendala ketika ingin mendelegasikan anggotanya dalam forum-forum umum selain kelompok tani. Maka dipilihlah dalam pertemuan ini diskusi dengan tema teknik berbicara di depan publik, (16/2/13). Hal ini tidak lepas karena kendala sulitnya para anggota gapoktan berbicara di depan umum sehingga mereka tidak mau didelegasikan. Bahkan meski sudah didelegasikan diforum juga tidak bisa menjadi peserta yang aktif bisa menyampaikan pendapatnya di forum apalagi melakukan presentasi.

Dengan metode uji coba para anggota gapoktan melakukan praktek sendiri-sendiri di depan forum dan salah seorang menjadi moderator. Teryata  ada beberapa hal yang bisa dipelajari untuk bisa berbicara di depan publik.
Ketika tampil didepan publik ada beberapa hambatan yang sering muncul.  Antara lain yaitu: ketidaksesuaian antara pikiran dengan perkataan, malu, kurang percaya diri, pendidikan kurang atau rendah (bukan hanya pendidikan formal). Peserta tidak aktif, kurangnya pemahaman materi yang akan disampaikan, harus mengikuti aturan, takut salah, ketakutan apakah materi sesuai forum atau tidak dan juga rasa tidak tenang.

Untuk mengatasinya para peserta menyimpulkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Antara lain: penguasaan materi, persiapan diri, perlunya percaya diri. Paham materi yang akan dibawakan, juga paham pesertanya siapa. Intonasi bicara harus jelas, memperhatikan tatakrama, harus latihan. Mengatur pernafasan, adanya keberanian, tidak takut salah dan tiak menjadi orang lain.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar