Rabu, 20 Agustus 2014

Advokasi Pelayanan Publik dengan Dakwah sebagai Ciri Khas



Oleh Sulatri
Pegiat Pattiro Surakarta

Diskusi Fosmisa di Kantor NU Surakarta
Para peserta Diskusi Fosminsa (Forum Nahdhotul Ulama Surakarta) ini ingin melakukan advokasi pelayanan publik dengan menekankan dakwah Islam sebagai ciri khasnya organisasi keagamaan dibandingkan komunitas yang lain mitra Pattiro Surakarta. Diskusi cukup ramai dilakukan, 11/3/13 di Kantor NU Surakarta. Adapun tema yang diangkat pad diskusi ini adalahMeningkatkan Partisipasi Pengawasan Masyarakat dalam Pelayanan Publik Kota Surakarta”. 



Dari tokoh fosminsa memberi paparan mengenai teologis partisipasi masyarakat dalam pelayanan publik. Pada dasarnya dalam agama Islam itu untuk terlibat dalam pengawasan pelayanan publik adalah sebagai upaya amar ma’ruh nahi munkar. Hal ini berdasarkan dari beberapa ayat dan hadist yang banyak disebutkan disana.
Antara lain yaitu “Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum diantara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil”, (Qs An-Nisa’: 58).
“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rosul dan ulil amri (para pemimpin) dinatara kamu, (QS. An-Nisa’: 59). “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mecegah dari mungkar dan beriman kepada Allah. (QS.Ali Imran: 110).
“Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung. (QS Ali Imran: 104).
Dari Hudzaifah bin Yaman dari Nabi SAW, beliau bersabda; “Demi dzat yang jiwaku ditangan-Nya, hendaklah mengajak pada kebikan dan mencegah kemungkaran, atau (kalau kalian tidak melakukannya) maka pasti Allah akan menurunkan siksa pada kalian, hingga ketika kalian berdoa kepada-Nya, maka tidak dikabulkan”, (HR.At Tirmidzi, No 2.169 dengan sanad hasan). Dan berbagai hadist-hadist yang lainnya yang tidak disebutkan disini.
RTL dalam diskusi yang akan datang akan membawa tema tentang transparansi anggaran pendidikan juga tetap disandingkan dengan materi ciri kas dakwah dalam CSO ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar