Senin, 03 November 2014

MPPS buka Posko Pengaduan Pendidikan

Diskusi MPPS
            Solo. MPPS (Masyarakat Peduli Pendidikan Surakarta) melakukan diskusi rutin, Selasa, 2 Mei 2013 di Kantor Pattiro Surakarta sekaligus dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional. Menindaklanjuti pertemuan sebelumnya bahwa MPPS akan melakukan posko pengaduan tentang pendidikan maka dalam pertemuan ini mencoba menkonsultasikan form pengaduan yang sudah dibuat oleh para tim perumus dibeberapa pertemuan terbatas sebelumnya.
Suasana diskusi MPPS
            Disepakati bahwa form pengaduan yang dilakukan MPPS itu harus aktif terjun kelapangan oleh masing-masing lembaga atau personal yang tergabung dalam MPPS. Bahwa posko pengaduan ini di mulai bulan Mei – Juli 2013 terutama pada saat penerimaan siswa baru yang sering terdapat banyak persoalan. Adapuntujuan dari posko pengaduan yauitu pengawasan/monitoring & evaluasi Pendidikan Dasar & Menengah. Menumbuhkan daya kritis & Partisipasi masyarakat. Dan alat kontrol implementasi kebijakan. Adapun sasaran respondennya antara lain: orang tua siswa/wali, siswa dan masyarakat umum. 
Fungsi posko ini yaitu sebagai tempat mendapatkan informasi, konsultasi dan advokasi. Untuk sekretariat bersama yaitu Kantor Pattiro Surakarta. Sedangkan lembaga-lembaga yang jadi posko MPPS antara lain LBH ATMA, Pattiro Surakarta, SpekHAM, Ekasita, YSKK dan Figurs.




Peserta Diskusi MPPS menyampaikan pendapat
Adapun form pengaduan yang disediakan terbagi menjadi tiga. Pertama form jajak pendapat pelayanan pendidikan dimana isinya tinggal mencentang dan mengisi sedikit. Form kedua yaitu form berupa isai yang berisi tentang pandangan pelayanan pendidikan, hal yang dilakukan mengatasi masalah tersebut dan harapan responden. Sedang form yang ketiga ini berisi pengaduan, kronologis kejadian dan harapan penyelesaian masalah. Rencana diskusi MPPS yang akan datang memantau proses posko berdirinya posko. 

Oleh : Sulatri, Pegiat Pattiro Surakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar