Senin, 03 November 2014

Gapoktan Belajar APBD


Supadi, Ketua Gapoktan
Solo. Gapoktan Tri Manunggal Tani Surakarta melakukan diskusi anggota kerjasama Pattiro Surakarta. Adapun tema yang diangkat  yaitu “mengenal APBD dalam rangka mendorong peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pengawasan Pelayanan Publik di Kota Surakarta”, Sabtu, 11 Mei 2013 di Rumah Ketua Gapoktan, Ngipang Kadipiro. 
Diskusi diawali dengan pemateri tentang pentingnya masyarakat sipil untuk memantau anggaran negara. Disitu dijelaskan bahwa anggaran publik merupakan salah satu masalah penting yang ditangani oleh pemerintah. Disana masyarakat sipil mempunyai tiga hak yaitu: hak alokasi, hak politik dan hak informasi.
Peserta Diskusi Gapoktan sedang serius mengikuti diskusi
  

Dalam proses partisipasi anggaran itu dimulai dari proses perencanaan, pengawasan pelaksanaan dan evaluasi realisasi anggaran. Setelah dijelaskan akan hal-hal terkait dengan materi para peserta baru menyadari bahwa selama ini memang mereka tidak tahu tentang anggaran. Tahunya ketika ada proses perencanaan mereka juga diundang dan juga mengusulkan berbagai kegiatan. Paska dari itu mereka tidak pernah tahu bagaimana proses pelaksanaanya dan hasil akhirnya. Bahkan ketika para Gapoktan melakukan audiensi yang difasilitasi Pattiro Surakarta setelah itu tidak ada pemantaun.

Peserta Diskusi Gapoktan sedang menikmati hidangan
            Untuk itu mereka bertekad untuk menguatkan kelompok tani yang ada agar juga turut aktif untuk mendapatkan haknya dalam dunia pertanian. Mereka berencana melakukan usulan di masing-masing kelurahan dan juga atas nama Gapoktan di forum SKPD ditingkat kota agar semakin kuat dukungannya sehingga apa yang mereka usulkan bisa terlaksana. Sebagai rencana tindak lanjutnya mereka akan mencoba menganalisis APBD dalam Dinas Pertanian dan juga Dinas Pekerjaan Umum untuk bahan audiensi ke instansi terkait.

Oleh: Sulatri, Pegiat Pattiro Surakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar