Kamis, 25 September 2014

FKKP Persiapan Audensi ke DKK

Dalam rangka persiapan audensi FKKP (Forum Komunikasi Kader Posyandu) Surakarta, FKKP melakukan diskusi dengan tema “Persiapan teknis dan konsultasi materi audiensi posyandu ke DKK” di Kantor DPKS, Kamis, 25 April 2013.
Diskusi diawali dengan pemaparan dari tim perumus yang ditugasi FKKP mengkategorisasikan persoalan posyandu. Dalam diskusi tersebut memang ada beberapa revisi dan masukan dari peserta.
      Kategorosasi persoalan posyandu meliputi persoalan: adminitrasi, kader dan Kepengurusan Posyandu, keterlibatan Puskesmas dan kinerja eksekutif. Dari kategorisasi tersebut masih diperinci lagi dengan berbagai persoalan dalam masing-masing kategori persoalan  dan dicoba mencarikan solusi akan permasalahan terkait.
            Dalam administrasi ada beberapa persoalan yaitu:  Ada posyandu yang harus mengantar laporan ke Puskesmas. Input data dengan pemilahan gender. Pembuatan proposal & SPJ dana hibah. Tidak semua kader bisa menyelesaikan persoalan administrasi. Proposal belum bisa menampung semua persoalan dan kebutuhan posyandu. Terlalu banyaknya buku administrasi yang harus dikerjaan.
Untuk kader dan Kepengurusan Posyandu ada beberapa persoalan yaitu: Kaderisasi posyandu. Program kerja posyandu belum tersosialisasikan. Ada yang tidak mau diganti padahal sudah tidak representatif.
Persoalan keterlibatan Puskesmas yaitu Belum semua SDM melaksanakan SOP dengan baik. Sedang Kategorisasi Kinerja Eksekutif persoalannya yaitu belum semua SDM melaksanakan SOP dengan baik. Dan Juklak juknis sering berganti sangat cepat. Rencana tindak lanjutnya FKKP akan melakukan audiensi ke DKK untuk membawa persoalan-persoalan dan solusi terkait Posyandu. Dan mecoba menganalis anggaran terkait posyandu untuk diskusi yang akan datang.

Oleh: Sulatri
Pegiat Pattiro Surakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar